August 27, 2014
Info Beasiswa
You are here: Home » Berita » Pemerintah Didesak Revisi PP 74

Pemerintah Didesak Revisi PP 74

Pemerintah didesak untuk segera menerbitkan revisi Peraturan Pemerintah (PP) 74 Tahun 2008, tentang Guru. Sebab, aturan itu akan dijadikan dasar untuk menyusun perencanaan dan pembagian tugas guru.

Apalagi, tahun ajaran mendatang bertepatan dengan penerapan kurikulum 2013. Penerepan kurikulum baru itu menuntut setiap satuan pendidikan dan tenaga pengajar yang akan melaksanakan kurikulum baru untuk melakukan perencanaan dan persiapan.

Poin terpenting yang ada dalam revisi PP tersebut adalah yang terkait dengan beban mengajar 24 jam secara tatap muka. Ke depan, guru atau tenaga pendidik yang menjalankan tugas sebagai pembina kegiatan ekstrakurikuler dan pembina kesiswaan juga akan dihitung. Jadi, hitungan untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi tidak sebatas mengajar di depan kelas selama 24 jam dalam satu minggu.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) saat ini tengah melakukan revisi PP 74/2008. Perubahan tersebut seiring dengan penerapan kurikulum 2013 yang akan mulai dilaksanakan pada tahun ini.

Pada kurikulum baru itu, metode pembelajaran lebih difokuskan pada observasi, pengamatan, analisis, dan presentasi. Dengan demikian, pembelajaran di dalam kelas bisa jadi berkurang. Selain itu, penilaian siswa akan lebih difokuskan kepada proses sehingga peran dan tugas guru akan lebih banyak dilakukan di luar kelas.

sumber : Suara Merdeka

Pemerintah didesak untuk segera menerbitkan revisi Peraturan Pemerintah (PP) 74 Tahun 2008, tentang Guru. Sebab, aturan itu akan dijadikan dasar untuk menyusun perencanaan dan pembagian tugas guru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top