October 25, 2014
Info Beasiswa
You are here: Home » Berita » Dana Abadi Pendidikan Dipertanyakan

Dana Abadi Pendidikan Dipertanyakan

Komisi X DPR RI mengkritisi keberadaan dan penggunaan Dana Pembangunan Pendidikan Nasional (DPPN) atau dana abadi pendidikan. Pasalnya, dana tersebut muncul tanpa informasi dan laporan penggunaan yang jelas.Untuk diketahui, dana abadi hanya dapat digunakan untuk tiga keperluan mendesak, yakni beasiswa S2 dan S3, renovasi sekolah rusak di daerah bencana alam, dan penelitian berskala nasional.

Sebagai informasi, dana abadi pendidikan mulai dialokasikan pada 2010 sebesar Rp 1 triliun, pada 2011 sebesar Rp 2,6 triliun, dan pada 2012 ditambah Rp 7 triliun. Jika ditotal, saat ini jumlahnya mencapai mencapai Rp 10,6 triliun. Jumlahnya akan terus bertambah dan menembus angka Rp 15 triliun karena di 2013 dana abadi akan ditambah sekitar Rp 5 triliun.

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, induk Dana Pembangunan Pendidikan Nasional (DPPN) atau dana abadi tak bisa diganggu gugat. Kalaupun benar-benar diperlukan, hanya bunga dari dana itulah yang dapat digunakan.

sumber : Kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Scroll To Top